KOMERSIALISASI ARSIP AUDIO VISUAL DAN MENJAGA PERADABAN BANGSA

Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) menyelenggarakan Workshop Digitasi dan Monetisasi Arsip Audiovisual dari tanggal 25-28 September 2019 bertempat Hotel Alila Surakarta, Jawa Tengah.

Workshop ini bertujuan untuk mengembangkan produk ekonomi kreatif terutama arsip audio visual yang merupakan kekayaan intelektual Bangsa Indonesia yang selama ini belum dapat dimanfaatkan secara maksimal menjadi bernilai komersial tinggi.

Workshop yang diikuti oleh para pelaku ekonomi kreatif dari seluruh Indonesia, dibuka oleh Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif Ricky Joseph Pesik, dilanjutkan dengan penandatangan nota kesepahaman antara BEKRAF dengan Perum Percetakan Negara RI dan Institute National de I’audiovisual (INA) Perancis.

Workshop diawali dengan Business Talk yang menghadirkan pembicara dari ANRI, INA, Dirjen Kebudayaan, BE KRAF, dan 13 Entertainment.

Dalam Business Talk tersebut Direktur Preservasi ANRI, Kandar mempresentasikan Pengelolaan Arsip Statis Audiovisual. Kandar mengatakan bahwa Arsip Audiovisual di ANRI sangat banyak jumlahnya yang meliputi foto 3.460.868 lembar, film 59.002 reel, microfilm 14.463 roll, microfische 14.262 fische, sound recording 45.445 kaset, video 25.347 kaset, piringan hitam 101 piece, dan optical disc 16.152 keping.

Selama ini ANRI sudah mengelola arsipnya dengan benar mulai dari penyimpanan dan pemeliharaan, restorasi bagi arsip yang rusak, dan digitalisasi untuk kepentingan pelestarian dan akses.

Namun demikian tantangan bagi ANRI dalam pengelolaan arsip audiovisual tersebut antara lain pertama; Indonesia merupakan negara tropis yang bersuhu 18º s.d 38º C dan kelembaban 90 %, padahal suhu yang diperlukan untuk kelestarian arsip tersebut di bawah 18º C dan kelembaban maksimal 55 %. Kedua; obsolete format (betacam, betamex, umetic, dan film) dan ketiga; missing player dalam digitalisasi.

Volume arsip di ANRI yang sangat banyak tersebut belum dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh para pelaku ekonomi kreatif, sehingga workshop ini sangat baik bagaimana mengoptimalkan keberadaan arsip tersebut untuk kepentingan bisnis.

Di samping arsip tersebut mempunyai manfaat untuk riset, pendidikan, hiburan, dan menjaga peradaban bangsa. Kandar mempersilakan para pelaku ekonomi kreatif untuk memanfaatkan arsip di ANRI untuk kepentingan yang lebih luas termasuk bisnis, namun jangan lupa peradaban bangsa Indonesia harus tetap terjaga karena informasi di dalam arsip tersebut merupakan identitas dan jati diri bangsa Indonesia.(kdr)*(lnh)

sumber : www.anri.go.id

PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI PUSTAKAWAN TAHUN ANGGARAN 2019

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pustakwan dan Angka Kreditnya, Pasal 33 ayat (1): “Untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme, Pustakawan yang akan naik jabatan harus mengikuti  dan lulus uji kompetensi”.
Selanjutnya, ketentuan lebih lanjut diatur dalam Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 11 Tahun  2015 Tentang  Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya, dengan tegas menyebutkan bahwa: ”dalam rangka meningkatkan kompetensi dan profesionalisme pustakawan yang akan  naik jabatan harus mengikuti dan lulus uji kompetensi. Uji kompetensi dilakukan dengan memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Pustakawan   yang   akan   naik   jabatan   harus mengikuti dan lulus uji kompetensi.
  2. Telah  mengumpulkan  angka  kredit  paling  kurang 70%   (tujuh   puluh   persen)   dari   angka   kredit kumulatif untuk naik jabatan.
  3. Uji   kompetensi   harus   diikuti   paling   lambat 6(enam) bulan sebelum   mengusulkan   kenaikan jabatan.
  4. Bagi  pustakawan  yang  telah  memiliki  sertifikat kompetensi  dari  Lembaga  Sertifikasi  Profesi  (LSP) Pustakawan   yang   telah   mendapat   lisensi   dari Badan  Nasional  Sertifikasi  Profesi  (BNSP)  yang masih berlaku dapat digunakan sebagai pengganti uji kompetensi.
  5. Peserta  yang  dinyatakan  tidak  lulus  dalam  uji kompetensi dapat mengikuti uji kompetensi ulang. Uji  kompetensi  ulang  dapat  diikuti  sebanyak  2 (dua) kali dalam tahun berjalan.
  6. Uji  kompetensi  Pustakawan  mulai  berlaku  secara efektif sejak 1 Juli 2016.

(Sumber : Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Nomor 11 Tahun 2015 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya).

PERSYARATAN PESERTA

  1. Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan menduduki Jabatan Fungsional Pustakawan;
  2. Pustakawan yang telah menduduki Jabatan dengan TMT paling cepat satu tahun;
  3. Peserta yang akan proses Alih Kategori (harus menyertakan PAK Alih Kategori).
  4. Jenjang Jabatan Terakhir/Pangkat Terakhir :
Jenjang JabatanPangkat Paling Rendah
Pustakawan Terampil yang akan naik ke Pustakawan MahirPengatur Tingkat I (II/d)
Pustakawan Mahir yang akan naik ke Pustakawan PenyeliaPenata Muda Tingkat I (III/b)
Pustakawan Ahli Pertama yang akan naik ke Pustakawan Ahli MudaPenata Muda Tingkat I (III/b)
Pustakawan Ahli Muda yang akan naik ke Pustakawan Ahli MadyaPenata Tingkat I (III/d)
Pustakawan Ahli Madya yang akan naik ke Pustakawan Ahli UtamaPembina Utama Muda (IV/c)

TATA CARA PENDAFTARAN:

1.Melaukan Pendaftaran OnlinePeserta melakukan pendaftaran online sesuai panduan (manual book), hal ini untuk memudahkan proses verifikasi/validasi Panitia di Jakarta. Informasi panduan  pendaftaran online dapat diunduh pada link di berikut ini:DOWNLOAD PANDUAN (MANUAL BOOK) PENDAFTARN UJI KOMPETENSI ONLINE  
2.Mengisi formulir pendaftaranPeserta dapat mengisi dan  mencetak formulir pendaftaran bawah ini:Download Formulir Permohonan Uji Kompetensi 
3.Melengkapi Dokumen  yang dipersyaratkanDokumen fisik/ data fisik dibawa pada saat pelaksanaan uji sesuai jadwal yang ditentukan.

DOKUMEN YANG DISIAPKAN DAN DIBAWA SAAT UJI:

No.Nama DokumenJumlahKeterangan
1.Foto berwarna (3 x 4)2 buahFoto tidak memudar, tidak diperkenakan di stapler serta dimasukan dalam plastik, bagian belakang ditulis nama jelas, NIP, dan Instansi
2.Fotokopi KTP1 buahVerifikasi identitas peserta
3.Foto Karpeg1 buahVerifikasi identitas sebagai PNS
4.Fotokopi SK Jabatan Terakhir1 buahVerifikasi identifikasi jabatan terakhir dan TMT jabatan
5.Fotokopi SK Pangkat/Golongan Terakhir1 buahVerifikasi identifikasi pangkat/golongan terkahir dan TMT pangkat/golongan
6.Fotokopi PAK terakhir1 buahVerifikasi identifikasi angka kredit terakhir
7.Fotokopi Surat Masih Menduduki Jabatan 1 buahVerifikasi data pustakawan aktif
8.Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai Terakhir1 buahVerifikasi Pendidikan
9.Asli Surat Izin/Rekomendasi1 buahSurat izin mengikuti uji kompetensi yang ditandatagani atasan langsung

Contoh Surat Izin/Rekomendasi:DOWNLOAD CONTOH SURAT IZIN/REKOMENDASI
10.Mengisi Daftar Riwayat Hidup (DRH)1 buahVerifikasi Riwayat Pendidikan/Pelatihan, Pangkat/Jabatan, dan Organisasi

Contoh DRH:DOWNLOAD CONTOH DRH
11.Pemberkasan Dokumen:Dokumen dimasukan ke dalam map kertas dengan identifikasi

Contoh MAP:CONTOH MAP

Warna MAP HIjau:untuk Jenjang Pustakawan Terampil yang akan naik ke Jenjang Pustakawan Mahir

Warna MAP Kuning:untuk Jenjang Pustakawan Mahir yang akan naik ke Jenjang Pustakawan Penyelia

Warna MAP Cokelat:Pustakawan untuk Ahli Kategori

Warna MAP Merah:untuk Jenjang Pustakawan Ahli Pertama yang akan naik ke Jenjang Pustakawan Ahli Muda

Warna MAP Biru:untuk Jenjang Pustakawan Ahli Muda yang akan naik ke Jenang Ahli Madya

Warna MAP Biru Muda:untuk Jenjang Pustakawan Ahli Madya yang akan naik ke Jenjang Pustakawan Ahli Utama


JADWAL PELAKSANAAN:

  1. Pelaksanaan Uji Kompetensi di Jakarta dilaksanakan setiap pertengahan bulan, yaitu pada hari SELASA  dengan durasi waktu ujian 150 menit. Peserta yang telah memenuhi persyaratan dapat melakukan pendaftaran paling lambat 6 bulan sebelum mengajukan untuk naik Jabatan.
  2. Pelaksanaan uji kompetensi di daerah akan ditentukan hari/tanggal sesuai hasil koordinasi pihak Dinas Perpustakaan Provinsi. Bagi peserta yang mengikuti uji kompetensi di daerah selain melakukan pendaftaran online, harap melaporkan diri ke Dinas Perpustakaan Provinsi terdekat.
  3. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi, Sekretariat Uji Kompetensi:
Kepada:Sdr. Hendra Setiawan
Alamat:Perpustakaan Nasional RI, Deputi II, Gedung B Lantai 3, ext : 225


Jl. Salemba Raya No. 28 Jakarta Pusat, Kode Pos : 10410
No. HP/ Whatsapp:0812-8181-3323
E-Mail:uji_kompetensi@perpusnas.go.id
Waktu Layanan/Konsultasi:Setiap hari kerja Senin – Kamis Pukul : 07.30 – 16.00 WIB ; Waktu Istirahat : 12.00 – 13.00 WIBJumat Pukul 07.30 – 16.30; Waktu Istirahat ; 11.30 – 13.00 WIB

PENERBITAN SERTIFIKAT:

Estimasi waktu penerbitan sertifikat pelaksanan uji kompetensi mengikuti sistem yang berjalan saat in [kondisi belum diterapkan pelaksanaan uji kompetensi Onlline], yaitu:

No.UraianWaktu
1.Validasi data yang melekat pada sertifikat yaitu: Nama (gelar), NIP, Tempat Tanggal Lahir, Pangkat/Golongan, Jabatan Terakhir, Tujuan Uji Kompetensi (untuk estimasi  40 Peserta)2 hari kerja
2.Pengolahan Hasil Uji Kompetensi1 hari kerja
3.Rekomendasi dan keputusan hasil uji kompetensi oleh Pejabat yang berwenangTentatif
4.Pemberitahuan hasil uji kompetensi (jika dilaksanakan di daerah informasi disampaikan ke Dinas Perpustakaan Provinsi melalui surat resmi)Tentaif
5.Proses Pencetakan sertifikat1 hari kerja
6.Tanda Tangan Sertifikat oleh Pejabat yang berwenangTentatif
7.Proses legalisir sertifikat1 hari kerja
7.Pengeriman sertifikat (lamanya disesuikan tempat tujuan)Tentatif

sumber : www.perpusnas.go.id

Radio Online Pustaka Daerah Kota Padang Panjang

Assalamualaikum, Ada yg baru nih di Dinas Perpustakaan dak Kearsipan Kota Padang Panjang, yaitu Radio Online, yuk dengar radio Online kami sembari beraktifitas 😉😊 .
Salah satu kebutuhan masyarakat saat ini adalah informasi yang dapat menambah ilmu yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya informasi seputar kesehatan, tips memasak atau informasi tentang pelajaran. Semua informasi tersebut dapat diperoleh baik dengan membaca atau menggunakan media elektronik seperti radio.
Untuk itu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan mengangkat inovasi Radio Online Perpustakaan, yang akan mengudara setiap hari Senin – Jum’at dengan konten-konten menarik. Jadi masyarakat yang ingin memperoleh informasi seputar tips-tips kehidupan sehari-hari sambil bekerja dapat mendengarkan Radio Online Perpustakaan.

#literasiinformasi

#literasi

#informasi

#radioonline

#radioonlinestreaming

#DPK

#radiodpk

Pojok Baca Sahabat Bukit Tui, 8 September 2019

Alhamdulillah pojok baca sahabat bukit tui,, mulai melebarkan sayapnyaa trimakasih atas dukungan pak lurah, pihak rt, beserta masyarakat setempat,,, dan dinas perpustakaan padang panjang, sedikit demi sedikit harapan itu mulai terwujud,,

Salam literasi
Masyarakat rt 03 guguak gadang, kelurahan koto panjang, padang panjang timur.

Semangat dan tetap kompak.

Alhamdulillah pojok baca sahabat bukit tui,, mulai melebarkan sayapnyaa trimakasih atas dukungan pak lurah, pihak rt,…

Dikirim oleh TBM pojok Baca sahabat Bukit Tui pada Minggu, 08 September 2019

Niki Martoyo di SDN 03 Guguk Malintang 10 September 2019

Lanjutan pelaksanaan program yang sudah dirancang untuk pendidikan berbasis keluarga, dengan Kak Niki (Pendongeng /Pemerhati Dunia Anak dan Pegiat Literasi/ Pegiat Pojok Baca Sahabat Bukit Tui/ Instruktur Kelas Mendongeng Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Padang Panjang) di SDN 03 Guguk Malintang bersama Paguyuban SDN 03 Guguk Malintang.
Pelaksanaan aksi dengan melibatkan orang tua dalam program pendidikan keluarga disekolah, insyaAllah akan terus digalakkan sehingga berdampak dimasyarakat. Setelah aksi mengumpulkan barang bekas yang bisa diolah, dilanjutkan pada hari sabtu depan, dengan kegiatan gotong royong dikelas yang melibatkan orang tua siswa. Barakallah
Selasa, 10 September 2019.

“Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Padang Panjang”
“Dinas Pendidikan Padang Panjang”

Kabid Paud Provinsi Sumbar


Salam literasi !
Literasi Masyarakat



https://facebook.com/story.php?story_fbid=2450623581689661&id=100002261294648

Padang Panjang Jadi Tuan Rumah Kemah Budaya Nasional 2019

Kota Padang Panjang akan menjadi tuan rumah pelaksanaan  Kemah Budaya Nasional (KBN) tahun 2019. KBN ke edisi ke X ini akan berlangsung sejak 26-30 Agustus mendatang berlokasi di Minang Fantasi Kota Padang Panjang.

“Kami ingin memanfaatkan kesempatan ini sebagai sarana pengenalan dan pelestarian budaya Minangkabau sebagai salah satu budaya bangsa,” kata Wakil Wali Kota Padang Panjang Asrul saat rapat persiapan bersama pemerintah provinsi Sumbar di Padang, Rabu (3/7).

Asrul menjelaskan peserta yang akan mengikuti KBN 2019 ini diprediksi sebanyak 1.500 orang dari 34 provinsi dari seluruh Indonesia. Setiap provinsi akan mengirimkan 18 peserta. Yang terdiri dari masing-masing 16 penggalang dan dua orang pembina. Selain itu KBN juga akan diramaikan utusan Kwarcab se Sumbar sebanyak 342 orang, utusan 18 Gudep berjumlah 324 orang, panitia pusat dan daerah 132 orang  dan ada juga utusan Pramuka Luar Negeri dari negara-negara sahabat 90 orang.

Asrul menjelaskan pihaknya sebagai panitia inti akan mempersiapkan persoalan teknis supaya semua peserta dan tamu yang akan hadir di Padang Panjang merasa nyaman selama berada di Kota Serambi Mekkah tersebut.

Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan kesempatan Padang Panjang menjadi tuan rumah KBN tahun ini harus didukung penuh oleh pemerintah daerah dan juga masyarakat. Sebab selama acara berlangsung para tamu akan memberikan kesan dan penilaian terhadap apapun mengenai Padang Pandang dan Sumatera Barat secara umumnya. Ia meminta Pemkot Padang Panjang memanfaatkan waktu yang tidak terlalu panjang untuk mematangkan persiapan.

“Ini menyangkut nama baik Sumbar juga nantinya. Kami harap KBN juga jadi ajang pembelajaran bagi genersebagai pelopor pelestarian budaya terkait dengan kegiatan diperkemahan,”  ujar Nasrul.

“Ini menyangkut nama baik Sumbar juga nantinya. Kami harap KBN juga jadi ajang pembelajaran bagi genersebagai pelopor pelestarian budaya terkait dengan kegiatan diperkemahan,”  ujar Nasrul.

Sumber: REPUBLIKA.CO.ID, PADANG