Edukasi Siswa dengan Gelar Nonton Bersama

DPK : Edukasi Siswa dengan Gelar Nonton Bersama

Sebanyak 180 siswa sangat antusias dan semangat menonton film, bukan sembarang film yang kali ini disaksikan para siswa, kali ini sangat istimewa karena film yang mereka di aula SMP Hikmah Padang Panjang adalah “Film Edukasi”.
Pemutaran Film Edukasi dilaksanakan pada malam minggu (3/9) yang merupakan bagian dari program pelayanan dan pengembangan budaya baca di Perpustakaan Daerah Kota Padang Panjang. Kegiatan nonton fim bersama tersebut bertujuan agar siswa mendapat pengetahuan baru dan lebih luas, lebih mengenal tanah air melalui budayanya, suku bangsanya dan bahasanya yang beragam, sehingga menanamkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.
Film dengan judul “Surau dan Silek” menjadi film pilihan yang menarik bagi para siswa karena mengangkat tema seputar persahabatan, Surau dan silek merupakan film keluarga yang mengangkat tradisi silat (silek) Minangkabau. Bercerita mengenai tiga sekawan anak laki-laki yaitu Adil, Kurip , dan Dayat yang berguru silek dari Rustam.Adil merupakan seorang yang berambisi untuk mengalahkan Hardi. Sosok Hardi yang kerap mengolok – olok Adil selama di sekolah membuat Adil terobsesi untuk mengalahkan Hardi dalam laga silek yang diadakan setiap 6 bulan sekali.
Awal petualangan mereka dimulai dari mencari seorang guru silek yang baru ketika Rustam memutuskan merantau dan meninggalkan murid – muridnya. Melalui Rani,ketiganya dikenalkan dengan kakek Djohar ,seorang pensiunan dosen yang dulunya seorang Jawarah Silek. Berkat bimbingan Djohar, mereka mengubah arah tujuan dari silek bukan untuk memenangkan kompetisi, paga diri ataupun menguruskan badan. Melainkan arti silek yang sebenarnya, wujud silek mencari kawan dan batin silek mengenal Tuhan.

Kepala Bidang Perpustakan,Dra.Tuti Abdul Rajab,MM dalam sambutannya pada pembukaan Pemutaran Film Edukasi mengatakan, bahwa ditengah kondisi zaman ini anak-anak kita diusia belia telah terpapar film-film yang tidak sesuai umur mereka, yang mana dalam usia tumbuh kembang ini sangat penting ditanamkan kebiasaan menonton film yang memberikan edukasi. “Sehingga mereka mempunyai wawasan berpikir yang lebih luas tanpa meninggalkan dunia mereka, dunia anak-anak yaitu dunia belajar,” ujarnya.

Tuti menambahkan “Disamping menonton film, para siswa juga diberikan pengetahuan yang lebih berdinamika agar dapat menumbuhkan karakter, rasa kesetiakawan dan lebih bertaqwa pada Sang pencipta,” tambahnya.
Lebih lanjut, Kepala Sekolah SMP Hikmah, Alvan Satria Shidiq,Lc mengapresiasi program nonton film edukasi bersama yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Daerah Kota Padang Panjang. “Kami menyambut baik program yang dilaksanakan DPK ini, melalui program seperti ini siswa-siswa berkesempatan menyaksikan film yang memberikan pengetahuan yang luas, menanamkan cinta tanah air, mengenal aneka ragam suku, bangsa, dan budaya, mereka ini adalah tunas-tunas penerus bangsa yang harus menjadi tanggung jawab kita bersama dalam mendidik mengasuh mereka menjadi Manusia Indonesia yang seutuhnya,” pungkasnya.