Profil TBM Laskar Sago

PROFIL TBM LASKAR SAGO

SEJARAH PEMBENTUKAN

Secara umum fenomena minat baca anak di rumah masih tergolong rendah. Oleh karena itu peran pemerintah dalam menumbuhkembangkan minat baca harus direspon positif oleh berbagai pihak, terutama mereka yang banyak berinteraksi langsung dengan masyarakat untuk menggalakkan gemar membaca. Hal inilah yang menginspirasi kami untuk mencurahkan waktu, tenaga, materi, pikiran dan perasaan dalam mengelola TBM yang didasari keinginan untuk memanfaatkan waktu yang dapat bermanfaat untuk orang lain.

Sejak Bulan November 2018 Penulis merintis taman bacaan diberi nama TBM Laskar Sago. Keinginan semakin kuat saat itu didasari pengamatan terhadap kondisi seperti rendahnya minat baca anak, rendahnya daya beli buku bacaan, mahalnya harga buku, jauhnya perpustakaan daerah, dan belum ada tempat membaca untuk umum. Sangat disadari bahwa menumbuhkan minat baca tidak bisa dibangun hanya dengan menyediakan buku-buku, tetapi harus ada kegiatan yang menarik agar anak-anak mau datang. Kegiatan TBM ini telah berjalan dengan beberapa pendekatan dan strategi dan tetap berjalan sampai saat ini, dimana salah satu misi utama diprioritaskan untuk membantu akses bacaan bagi anak-anak dan remaja usia sekolah. Hal ini didasari pertimbangan bahwa kebiasaan membaca harus dibiasakan sejak usia dini.

PROFIL LEMBAGA

Nama Lembaga : TBM LASKAR SAGO
Visi : Mewujudkan Generasi Belajar Sepanjang Hayat
Misi : Meningkatkan minat baca anak dari usia dini
    Meningkatkan kreativitas dan keterampilan anak
    Menciptakan generasi yang saling menghargai dalam kebersamaan
Alamat Lembaga : Jl Gatot Subroto Sago Residence No. A 04 RT 14 Kel. Ngalau Kec.      Padang Panjang Timur
Telp/WA : 085278165128
Email   tbmlaskarsago@gmail.com
Susunan Organisasi : Ketua                      : Nurfida Leli Wakil ketua            : Yanti DewiSekretaris                : Yola Afrida
Penasehat : Ketua RT 14 dan Kelurahan Ngalau Padang Panjang Timur

LAYANAN PROGRAM
Sejak berdiri hingga saat ini, TBM Laskar Sago telah menyelenggarakan beberapa program layanan yaitu:
1. Layanan Program Membaca
2. Layanan Program Taman Pengajian Alqur’an
3. Layanan Program Tahfizh Alquran
4. Layanan kreativitas dan keterampilan