Peresmian Kelas Adat Khusus TP-PKK Kota Padang Panjang

Ketua TP-PKK Kota Padang Panjang meresmikan kelas adat baru khusus TP-PKK Kota Padang Panjang. Diikuti oleh 20 orang peserta dari utusan Pokja I PKK se-Kota Padang Panjang. Selasa, 23 Februari 2021

Kelas adat penguatan: Adat Basandi syarak, Syarak Basandi Kitabullah ( ABS – BSK ) resmi dibuka oleh Ketua TP-PKK Kota Padang Panjang, Ibu Dian Puspita Fadli Amran di ruang audio visual Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang. Beliau menekankan pentingnya adat selaras dengan agama dan harus dimiliki oleh setiap ibu yang akan mengajarkan kedua hal tersebut dan menjadi madrasah pertama oleh anak-anaknya dalam keluarga. “Adaik basandi syarak mengatur bahwa seluruh adat yang digunakan oleh masyarakat Minangkabau harus “bersendikan” kepada syariat Islam, yang pada gilirannya didasarkan pada Al-Quran dan Sunnah. Selain itu perempuan Minang harus paham dengan segala adat istiadat “, tutur Muhammad Jamil Labai Sampono ,selaku pemateri dalam kelas adat ini.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Alvi Sena,ST,MT mengapresiasi program kelas adat tersebut dengan memfasilitasi berbagai kegiatan- kegiatan.

Kunjungan angkatan pertama SMP IT Juara Kota Padang Panjang

Sebanyak 18 Siswa SMP IT Kota Padang Panjang melakukan kunjungan ke Perpustakaan Daerah Kota Padang Panjang, Siswa sangat antusias dan bersemangat untuk melihat apa yang ada di Perpustakaan Daerah. Sebelum memasuki ruangan, siswa di wajibkan melalui proses Protokol Kesehatan Covid-19, seperti mencuci tangan, memakai masker dan cek suhu tubuh.

Setelah melihat dan ber edukasi fasilitas yang ada, siswa di arahkan ke ruangan Audio Visual untuk nonton Filem Edukasi yang berjudul “Surau dan Silek”.

Sebelum menonton  siswa di berikan penjelasan synopsis Film yang akan di putar dan apa saja tata tertib ruangan Audio Visual. Siswa angkatan pertama ini nanti nya juga akan di bawa berkunjung ke Ruangan Galeri Arsip untuk melihat koleksi-koleksi Foto bersejarah seperti foto pejuang kota Padang Panjang, pimpinan daerah dan tokoh-tokoh lainnya. Selasa 26/01/2021

PENINGKATAN KOMPETENSI DAN KETERAMPILAN MASYARAKAT 2020

Peningkatan Kopetensi dan Keterampilan Masyarakat, Kamis 08 Oktober 2020 bertempat di ruang audio visual Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang.

Acara ini di buka Oleh Kepala Bidang Perpustakaan Bapak Afrizal, S.Sos dan pemateri Oleh Pendongeng Sumatera Barat Bapak Niki Martoyo.

Sekitar 18 orang perwakilan dari Kelurahan se-kota Padang Panjang mengikuti workshop ini guna meningkatkan keterampilan diri yang di mulai dari keluarga sendiri.

Pelantikan pengurus Forum TBM Kota Padang Panjang 2020

Pelantikan pengurus Forum TBM Kota Padang Panjang berlangsung hikmat (Kamis, 10/09/2020).

Para pengurus forum TBM Kota Padang Panjang dilantik langsung oleh Ketua Forum TBM Provinsi Sumatera Barat, Bapak Yusrizal KW.

Acara pelantikan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Kota Padang Panjang, Bapak Alvisena ST, MT., Kepala Bidang Pembinaan Kebudayaan Paud Dan Pendidikan Non Formal Dari Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Padang Panjang, Bapak Drs. Ridwan, M.Pd dan Bapak Yoni Aldo, A.Md selaku Pembina Forum TBM Kota Padang Panjang.

Acara pelantikan pengurus forum tersebut merupakan wujud pengukuhan Forum TBM yang ada di Kota Padang Panjang. Dimana dengan adanya Forum TBM di Kota Padang panjang diharapkan dapat memberikan energi positif di tengah-tengah masyarakat. Forum TBM ini juga merupakan perwujudan dari misi pemerintah Kota Padang Panjang menjadikan kota Padang Panjang menjadi kota literasi yang memiliki budaya dan peradaban yang maju ke depannya.

Walaupun acara pelatikan pengurus forum TBM Kota Padang Panjang ini berlangsung pada masa wabah Covid-19, tidak mengendorkan semangat literasi para pembina ketua forum, beserta anggota untuk dapat berperan aktif mencerdaskan generasi dan menciptakan budaya literasi di Kota Padang Panjang. Acara pelantikan ini tetap mengikuti protokol kesehatan tentunya.

Ketua Forum TBM Provinsi Sumatera Barat mengatakan bahwa forum TBM merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam mencapai Visi dan Misi Kota Padang Panjang. (Release DPK)